Friday, April 8, 2016

Media Tanam Hidrogel

Hai sahabat blogger, jee mau ngasih tips nih yang suka bercocok tanam tapi bingung nggak ada tanahnya, padahal halaman luas, atau emang nggak ada semuanya, duhhh rasanya tuh panas kalau rumah nggak ada sedikit penghijauannya.
Tapi jangan khawatir, jee punya tipsnya nih,, di sini jee menggunakan media tanam dengan Hidrogel. Apasih hidrogel itu, ribet nggak ?
Hidrogel merupakan kristal polimer yang berfungsi menyerap dan menyimpan air dan nutrisi untuk tanaman dalam jumlah besar. Hidrogel dapat terurai melalui pembusukan oleh mikroba sehingga produk ini aman digunakan. Hidrogel tidak larut dalam air tetapi dia hanya menyerap dan akan melepaskan air dan nutrisi secara proporsional pada saat dibutuhkan oleh tanaman. Dengan demikian tanaman akan selalu mempunyai persediaan air dan nutrisi setiap saat karena hidrogel berfungsi menyerap dan melepaskan. Hidrogel mampu menyerap air sebanyak 500 kali berat hidrogel itu sendiri. Selain tampak indah, butiran hidrogel yang lebih mirip kristal sering mengecoh siapa saja yang baru melihatnya. Hidrogel berfungsi sebagai pengganti tanah pada tanaman. Perawatannya pun mudah, jika tanaman sudah bisa beradaptasi, cukup menyiramkannya 1 atau 2 kali dalam sebulan.
Tanaman yang cocok menggunakan media tanam hidrogel :
• Batang/pohon tidak berkayu.
• Tidak memerlukan sinar matahari langsung/sinar dengan kadar tinggi.
• Tahan terhadap kelembaban tinggi.
• Umumnya tanaman tidak berbunga dan berbuah.

Dimana bisa dapetin hidrogel ? Hidrogel bisa ditemukan di toko-toko tumbuhan atau secara online, tapi kalo jee beli hidrogel di tukang mainan yang suka ada di SD harga perbungkusnya cuma Rp. 1000.
 Sebelum digunakan, hidrogel ini di rendam dahulu -+ 4 jam hingga membesar dan menjadi bentuk bola-bola atau seperti serpihan kaca, tergantung hidrogelnya sendiri, menggunakan yang bola atau yang berbentuk serpihan. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment